Selamat Datang Website Muara Pawan Kabupaten Ketapang

Camat Mengajak Seluruh Elemen Masyarakat Untuk Bersatu Menurunkan Angka Prevelensi Stunting Dalam Rembug Stunting Desa Tanjung Pura

Dibuat : 28 February 2024
Dibaca : 22

Tanjung Pura – Kepala Desa Tanjung Pura menyelenggarakan Kegiatan Rembug Stunting Tingkat Desa sebagai salah satu upaya menurunkan prevelensi angka stunting di Desa Tanjung Pura. Kegiatan yang dilaksanakn di Aula Gedung Kantor Desa ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi permasalahan di desa dalam percepatan penurunan stunting.

Camat Muara Pawan, Tengku Nurmarudi, S.K.M., M.M dalam sambutannya mengatakan untuk penekanan stunting diperlukan kerjasama dari semua lintas sektoral yang ada di desa agar kegiatan ini berjalan secara optimal

“Koordinasi antara lintas sectoral diperlukan sehingga dapat diketahui sejauhmana kegiatan-kegiatan yang bisa diintervensi oleh desa sehingga bisa diusulkan pada saat penyusunan RKPDes tahun berikutnya,” kata Happy Susanto sebagai Tenaga Ahli Kabupaten, Tanjung Pura, Selasa (27/02/2024).

Dalam pemaparannya, Petugas Gizi Puskesmas Tanjung Pura, Fitri Ferianty, S.Tr. Gz, mengatakan bahwa setelah dilakukan sweeping, kasus stunting di Desa Tanjung Pura mengalami peningkatan dari 17,87 % pada tahun 2023 menjadi 24 % di Bulan Februari 2024 ini.

Kurangnya kesadaran Masyarakat untuk datang ke Posyandu menjadi salah satu permasalahan yang di Desa Tanjung Pura, “ibu ibu datang ke Posyandu apabila ada imunisasi saja sedangkan kegiatan Posyandu hanya penimbangan dan pengukuran mereka tidak mau datang,” kata Erlin Marlina salah satu Kader Posyandu.

Untuk Kelas Ibu Hamil tidak optimal karena jadwal yang sama dengan jadwal Posyandu sehingga penyuluhan terhadap ibu-ibu KEK tidak maksimal karena terganggu dengan kegiatan Posyandu dan kader juga tidak bisa focus pada dua kegiatan bersamaan.

“Kami himbau Kelas Ibu Hamil dan Kegiatan Posyandu dipisahkan jadwalnya sehingga penyuluhan bisa lebih efektif,” saran Tika Sumartini, A.Md.Keb Bidan Desa Tanjung Pura selain itu sasaran peserta Kelas Ibu Hamil jangan hanya ibu KEK akan tetapi PUS terutama yang baru menikah saran PLKB Kecamatan Muara Pawan, Eli Rustina.

Petugas Promkes, Sri Sulastri, S.K.M,  juga menambahkan bahwa selain pengadaan susu bagi bayi, balita dan ibu KEK juga diperlukan kebijakan untuk menarik perhatian ibu-ibu untuk datang ke Posyandu dan juga sosialisasi kepada Masyarakat mengenai Pendampingan terhadap Calon Pengantin sebagai bekal kepada calon pengantin pada saat memutuskan untuk memiliki anak.

Di akhir kegiatan Kepala Desa Tanjung Pura, Hidayat mengatakan bahwa pihak desa siap untuk mendukung kegiatan percepatan penurunan stunting dan meminta kepada lintas sektor di lingkungan desa untuk melaporkan kegiatan yang terkait hal tersebut secara rutin kepada pihak desa untuk diambil langkah-langkah penyelesaian masalah di lapangan.